Memilih Warna Cat Untuk Rumah Minimalis


Share on Facebook8Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0
Berbagi info itu indah...

Aneka-warna-rumah-minimalis
Karena ukurannya yang kecil, mendesain interior rumah minimalis gampang-gampang susah. Salah pilih, rumah justru akan terlihat sempit dan gerah.

Warna cat dinding tidak hanya sekedar penghias ruangan, namun juga berpengaruh pada mood penghuninya. Untuk itu Anda juga harus berhati-hati ketika memilih warna yang tepat.

(Baca juga: Warna Cat Dinding dan Pengaruhnya Terhadap Mood)

Beberapa perumahan baru mengadopsi desain modern minimalis baik pada bagian interior dan eksterior ketika mendesain rumahnya.

Menurut para ahli desain interior, Anda tidak perlu mengikuti kombinasi warna yang tengah menjadi tren, karena umumnya hanya bertahan sekitar enam bulan. Sebaliknya, pilih warna yang cocok dengan karakter dan pribadi Anda, sehingga ruangan lebih mencerminkan pemiliknya.

Meski bebas, namun Anda tidak bisa asal melakukan tabrak warna karena bisa membuat ruangan terkesan berantakan. Sebagai pemula, coba pilih warna yang bisa memberi efek lega pada ruangan. Berikut ini empat warna yang bisa Anda pilih untuk mengecat ruangan minimalis

Warna netral
Warna-netral-rumah-minimalis

Ini adalah pilihan dasar bagi Anda yang tidak suka bereksperimen dengan warna warni. Kombinasi warna antara hitam, abu-abu, cokelat terang, putih dan krem bisa menjadi pilihan Anda.

Warna netral sangat fleksibel diterapkan pada setiap ruangan di rumah. Tapi, tidak di sarankan memilih hanya satu warna pada sebuah ruangan. Pilih minimal dua warna untuk menghias rumah minimalis Anda.

Ungu
Warna-ungu-rumah-minimalis

Warna ungu seperti lilac atau lavender bisa memberi kesan nyaman dan relaks pada sebuah ruangan. Coba pilih warna ini untuk kamar tidur dan meja makan untuk ruangan bergaya minimalis. Anda juga bisa menambahkan nuansa warna ini pada bingkai jendela dan sebagainya.

Biru
Warna-biru-rumah-minimalis

Sama seperti ungu, biru juga memberi kesan tenang dan nyaman sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Warna ini pas untuk kamar mandi dan kamar tidur di rumah minimalis Anda. Pilih warna biru terang yang di kombinasikan dengan biru gelap dan putih untuk membuat tampilan ruangan lebih segar.

Hijau
Warna-hujau-rumah-minimalis

Warna hijau sangat menyegarkan mata, untuk itu warna ini pas diaplikasikan hampir di semua ruangan minimalis.

Tips mengaplikasikan warna cat minimalis

Warna-warna terang bisa juga diaplikasikan, namun hanya sebatas ornamen. Anda bisa menempatkannya di satu sisi tembok saja, atau pada daun pintu, dan sebagainya. Prinsipnya, jangan melebihi 15% dari total luas bidang dinding Anda.

Tidak ada salahnya bermain warna cerah, namun harus diingat, jangan terlalu banyak mengombinasikan warna cerah. Hal ini akan berakibat membuat rumah terlihat padat sempit.

Jika Anda benar-benar ingin mengombinasikan dua warna berbeda, di sarankan memilih satu warna utama saja. Warna lainnya bisa digunakan pada list plafon atau list bawah, pilar plafon, atau sebagian kecil dinding saja.

Sementara itu untuk area eksterior rumah minimalis, Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan nuansa lingkungan agar tidak terlihat mencolok.

Misalnya jika banyak terdapat pohon dan tanaman hijau, Anda bisa pilih warna alam seperti biru atau hijau. Warna solid lebih disarankan ketimbang memilih warna neon atau pastel yang terlalu lembut.






Share on Facebook8Tweet about this on TwitterShare on Google+0Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0
Berbagi info itu indah...

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *